Sejarah Kedatangan Lokomotif CC 206


Assalamu'alaikum Wr.Wb
akhirnya kita bisa bertemu lagi di tahugorenk's blog
pada kesempatan kali ini aku akan menceritakan sejarah kedatangan lokomotif CC 206.
TS Railfans ya ?. kok isinya tentang kereta ?
aku bukan railfans gan, naik kereta aja baru sekali dan kelas ekonomi pula.
aku memang suka banget sama transportasi yang ini, dari kecil aku suka sama kereta. karena kereta itu panjang dan besar ( jangan ngeres dulu ya ) .

nah kita balik ke topik .


Awal mulanya lokomotif berkabin ganda itu sudah dari dulu ada di Indonesia, contohnya CC 200, BB 301, BB 304, dan BB 305 CFD.
sayangnya, lokomotif-lokomotif tersebut umurnya sudah lebih dari 40 tahun dan banyak pengerucatan.
Lokomotif double cabin didesain supaya gak sering diputar di turntable.
ide muncul pada KAI bagaimana memiliki lokomotif yang kuat, berkabin ganda, dan terkomputerisasi yang sebenarnya ada di lokomotif CC 204 dan mempunyai layar display dikarenakan CC 204 tidak memiliki layar display. lalu dengan berkabin ganda yang tidak perlu di putar di turntable.

Penggunaan CC 204 tidak efisien karena lokomotifnya sedikit dan kebutuhan lokomotifnya banyak. dan ide pemesanan pun muncul pada tahun 2010 untuk menambah armada KAI untuk mengangkut gerbong barang dan penumpang.
pemesana lokomotif CC 206 itu gak sedikit, melainkan dengan jumlah yang banyak dan menjadi rekor PT KAI karena mendatangkan 100 unit hanya dalam 1 tahun. tidak seperti CC 204 yang butuh 5 tahun sampai 37 unit selesai produksi.

Pada tahun 2012 dipesanlah lokomotif CC 206 sebanyak 100 unit ke GE Transportation tanpa bogie. bogie dibuat di PT Barata Indonesia.
sesampainya di Tanjung Priuk, lokomotif-lokomotif tersebut diangkut dengan truk dan dikirim ke Balai Yasa Pengok di Jogja untuk dipasang bogienya.
tahun 2015 CC 206 didatangkan lagi sebanyak 50 buah dengan catatan 30 Lokomotif untuk di Pulau Jawa dan 20 Lokomotifnya itu buat di Pulau Sumatra.
dengan total lokomotif CC 206 saat ini sebanyak 150 unit. mengalahkan CC 201 yang berjumlah 144 unit.


Itulah sejarah kedatangan Lokomotif CC 206, semoga ilmunya bermanfaat bagi semua orang termasuk railfans


Terima kasih dan Wassalamu'alaikum wr.wb

1 Response to "Sejarah Kedatangan Lokomotif CC 206 "

  1. hahaha, alhamdullilah dapat ilmu satu lagi dari kereta lokomotif, makasih gan

    ReplyDelete